SIKECIL

Rabu, 11 Maret 2015

Bila si Kecil Luka

Bila si Kecil Luka
Dear Bunda, bermain adalah dunianya anak-anak dengan bermain, melompat, berlari, berguling-guling atau memanjat si kecil mengembangkan kemampuan motorik dan rasa ingin tahunya. Bunda tidak perlu banyak melarangnya, pastikan saja apa yang dilakukannya tidak berbahaya.
Bila si Kecil mengalami kecelakaan ketika sedang bermain, seperti jatuh, terpeleset atau tersandung sehingga menyebabkan tubuhnya luka, yang harus Bunda lakukan adalah tetap bersikap tenang. Ingatlah bahwa luka adalah hal yang wajar terjadi dan merupakan bagian dari pembelajaran hidup si Kecil. Setelah itu lakukan tindakan tepat. 

Luka terutama yang terbuka adalah satu jalan bagi kuman yang ada di lingkungan untuk masuk ke dalam tubuh. Bila tidak ditangani dengan tepat, luka bisa bertambah parah sehingga timbul infeksi yang lebih berat.
Agar tidak terjadi infeksi, segera lakukan hal-hal berikut:
1. Bersihkan luka dengan menggunakan kapas atau kain kasa bersih dan air, bersihkan luka dari kotoran atau tanah yang menempel
2. Sterilkan luka dengan menggunakan cairan antiseptik yang sudah dilarutkan dengan air. Tujuannya adalah untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam luka tersebut. Membersihkan luka dengan cairan antiseptk lebih nyaman daripada dengan alkohol karea tidak menimbulkan perih, tidak menyebabkan rasa seperti terbakar atau membuat kulit kering.
3. Rawat luka secara teratur sekitar 2-3 kali sehari hingga benar-benar sembuh. Jika luka ditutup dengan perban atau plester, ganti perban atau plesternya jika sudah terlihat kotor atau koyak.
4. Bila luka si kecil tergolong berat atau terlihat tidak kunjung membaik, segera bawa si Kecil ke dokter atau UGD untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga tips ini bermanfaat untuk Bunda semua smile emoticon
Sumber : AyahBunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar